Menteri Teten: Koperasi kunci petani masuk ke skala ekonomi

Menurut Menteri Teten, dengan berkoperasi, para petani tidak lagi bingung dalam menjual produknya.

Aktivitas petani/Pixabay

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki terus mengajak petani untuk berkoperasi agar bisa masuk ke dalam skala ekonomi. "Para petani berlahan sempit harus bergabung atau mendirikan koperasi agar masuk skala ekonomi," kata Teten dalam keterangannya dikutip Minggu (22/8).

Menurut Teten, dengan berkoperasi, para petani tidak lagi memikirkan kemana produknya mau dijual. "Koperasi yang akan berhadapan dengan pasar agar ada kepastian harga dan pasar bagi produknya," ujarnya.

Ia pun mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Ketua Koperasi Petani Max Yasa Ngahadi dalam membangun bisnis model di sektor pertanian dengan menempatkan koperasi sebagai offtaker.

"Untuk membangun bisnis model seperti itu, kita harus bekerja sama antara pemerintah pusat dengan para kepala daerah dan para local heroes seperti Mas Ngahadi ini," ujarnya.

Teten menekankan, pihaknya telah menugaskan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) untuk memperkuat kelembagaan dan permodalan koperasi di Indonesia.