Merck jual perusahaan consumer health ke P&G Rp1,39 triliun

Perusahaan sains dan teknologi kesehatan PT Merck Tbk. (MERK) menjual unit usaha consumer health kepada P&G.

Perusahaan sains dan teknologi kesehatan PT Merck Tbk. (MERK) menjual unit usaha consumer health kepada PT Procter & Gamble Home Product Indonesia (P&G) senilai Rp1,39 triliun. / Reuters

Perusahaan sains dan teknologi kesehatan PT Merck Tbk. (MERK) menjual unit usaha consumer health kepada PT Procter & Gamble Home Product Indonesia (P&G) senilai Rp1,39 triliun.

Mengutip keterbukaan informasi di BEI, Senin (10/12), transaksi tersebut telah memperoleh persetujuan dalam Rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 25 Juni 2018.

Adapun perjanjian jual beli saham dan aset yang dibuat oleh dan antara lain Merck KGaA, Merck Consumer Health Holding Germany GmbH dan P&G pada 19 April 2018.

Untuk nilai rencana transaksi yang telah mendapatkan persetujuan dalam RUPSLB pada 25 Juni 2018 adalah senilai Rp1,38 triliun. Sedangkan nilai transaksi yang diterima pada saat penutupan transaksi sebesar Rp1,39 triliun.

Padahal, selama ini unit usaha kesehatan konsumen tersebut telah memberikan kontribusi hampir setengahnya pada pendapatan Merck.