Merger dengan Sumitomo, penyaluran kredit BTPN melonjak 112%

PT Bank BTPN Tbk. (BTPN) mencatat pertumbuhan kredit dan laba bersih yang signifikan sepanjang semester I-2019.

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk. (BTPN) meraup laba bersih sebesar Rp12,6 triliun pada semester I-2019, atau tumbuh 15% dari periode yang sama tahun lalu. / BTPN

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk. (BTPN) meraup laba bersih sebesar Rp12,6 triliun pada semester I-2019, atau tumbuh 15% dari periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama PT Bank BTPN Tbk Ongki Wanadjati Dana mengatakan pertumbuhan positif ini tetap terjaga meskipun sejak Februari hingga Juli 2019 pihaknya sibuk melakukan konsolidasi dan integrasi setelah merger dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI).

“Bank BTPN berhasil menjaga momentum pertumbuhan dengan membukukan kinerja positif,” kata Ongki di Jakarta, Kamis (15/8).

Ongki mengatakan selain mencetak kenaikan laba, BTPN juga mencatat pertumbuhan kredit yang signifikan. Total penyaluran kredit Bank BTPN mencapai Rp143,4 triliun pada akhir Juni 2019, tumbuh 112% (year on year/yoy) dibandingkan posisi yang sama tahun lalu senilai Rp67,7 triliun.

Jumlah penyaluran kredit merupakan data gabungan dari Bank BTPN dan SMBCI. Untuk diketahui, kedua bank efektif merger pada 1 Februari 2019. Namun demikian, jika dihitung secara normal, penyaluran kredit sejatinya bertumbuh 10%.