Mirae Asset Sekuritas: IHSG mengakhiri net sell 3 bulan beruntun

IHSG naik positif di 3,3% ke level 7179 pada Agustus saja. Sehingga, IHSG meningkat 9,1% secara year to date (ytd).

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Martha Christina menjelaskan review IHSG Agustus 2022 dalam acara Media Day : September 2022 by Mirae Asset Sekuritas, Kamis (8/9/2022). Alinea.id/Erlinda Puspita Wardani

PT Mirae Asset Sekuritas melaporkan, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Agustus 2022, mengalami penguatan dan menjadi bulan terbaik sepanjang 2022, karena naik positif di 3,3% ke level 7179 pada Agustus saja. Sehingga, IHSG meningkat 9,1% secara year to date (ytd).

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas mengatakan, salah satun yang menjadi faktor pendukung penguatan IHSG di Agustus adalah foreign netflow, yaitu net buy mencapai Rp14,6 triliun.

“Ini sekaligus mengakhiri net sell untuk tiga bulan beruntun sebelumnya sejak Mei, Juni, Juli, senilai Rp11,8 triliun. Hingga akhir Agustus, net buy asing di pasar Indonesia menembus angka Rp62 triliun,” jelas Martha dalam paparannya di acara Media Day: September 2022 by Mirae Asset Sekuritas, Kamis (8/9).

Martha mengatakan pendukung naiknya netflow asing didominasi oleh kondisi ekonomi dalam negeri pascapandemi yang jauh lebih baik dibanding negara-negara lain. Maka ia juga menyatakan pertumbuhan netflow asing akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

Seperti diketahui, kondisi perekonomian Indonesia yang dilaporkan Badan Pusat Statistik (BPS) yaitu, pertumbuhan Indonesia pada kuartal II-2022 naik 5,44% secara year on year (yoy) dan terjadi deflasi di Agustus 2022 sebesar 0,21% month to month (mtm). Tak hanya itu, Bank Indonesia (BI) juga menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 bps menjadi 3,75% untuk mengimbangi inflasi dan terbaru, pemerintah juga menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi.