Mirae Asset Sekuritas perkirakan IHSG masih positif selama Januari

Selama delapan tahun terakhir tren IHSG selama Januari selalu positif.

Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat dibukanya perdagangan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (26/5/2020). Foto Antara/M Risyal Hidayat/foc.

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan bergerak positif pada Januari ini. Hal ini sejalan dengan optimisme prospek ekonomi di tahun baru.

Head of Research Division Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya mengamati, selama delapan tahun terakhir tren IHSG selama Januari selalu positif. Dia pun meyakini fenomena January effect akan terjadi tahun ini.  

"Trennya positif karena orang menyambut tahun baru dengan ekspektasi baru. Biasanya fund manager juga melakukan rebalancing di tahun baru itu, sehingga secara keseluruhan pasar bergerak positif," ujar Hariyanto, Rabu (13/1).

Tercatat sejak awal tahun hingga penutupan perdagangan sesi I pada Rabu (13/1), atau year to date (ytd), IHSG telah mengalami kenaikan 4,71%. Meskipun adanya pengetatan PPKM, Hariyanto optimistis memandang ke depan jika IHSG masih akan bergerak positif selama Januari tahun ini.

Optimisme Hariyanto ini disebabkan oleh tiga faktor. Pertama, pengadaan vaksin yang jelas dan track record Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang dipandang baik dalam eksekusi vaksin.