Mirae Asset Sekuritas prediksi 3 sektor ini jadi pendorong pertumbuhan IHSG

Tiga sektor ini diuntungkan dari naiknya tingkat mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat pascapandemi tahun lalu.

Head of Research Team & Strategist Mirae Asset Robertus Hardy. Foto istimewa

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi tiga sektor yaitu semen, otomotif, dan telekomunikasi akan menjadi pendorong pertumbuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Bahkan dapat melampaui pertumbuhan indeks hingga akhir tahun ini. 

Head of Research Team & Strategist Mirae Asset Robertus Hardy mengatakan, ketiga sektor beserta mayoritas perusahaan yang menjadi anggotanya (konstituen) diuntungkan dari naiknya tingkat mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat pascapandemi tahun lalu.

Dengan dorongan dari ketiga sektor pilihan itu, dia optimistis, IHSG dapat menguat hingga 7.600 pada semester II-2023 sesuai prediksi Tim Riset Mirae Asset. 

“Ketiga sektor memiliki potensi return yang lebih tinggi dari IHSG yang saat ini langkahnya masih terbebani sektor komoditas. Mobilitas masyarakat utamanya akan mendorong pembelian mobil dan motor,” ujar Robertus dalam keterangan resminya, Selasa (15/8). 

Menurut dia, faktor lebih sedikitnya hari libur juga diyakini akan menaikkan volume penjualan semen, pun sektor telekomunikasi akan diuntungkan dengan semakin meluasnya ekspansi jaringan fixed broadband.