Mitsubishi tambah investasi US$130 juta ke Indonesia

Mitsubushi Chemical Corporation (MCC) akan membangun pabrik polyester film.

Mitsubushi Chemical Corporation (MCC) melalui anak perusahaannya, PT MC PET Film Indonesia (MFI) akan menambah investasi di Indonesia sebesar US$130 juta atau sekitar Rp1,8 triliun. / forsquare

Mitsubishi Chemical Corporation (MCC) melalui anak perusahaannya, PT MC PET Film Indonesia (MFI) akan menambah investasi di Indonesia sebesar US$130 juta atau sekitar Rp1,8 triliun. Investasi tersebut untuk membangun pabrik baru guna meningkatkan kapasitas ekspor polyester terutama ke Eropa.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan pembangunan fasilitas baru ini ditargetkan selesai pada 2021. Adapun MCC telah memproduksi polyester film untuk aplikasi optik, industri dan pengemasan pada lima fasilitas produksi berlokasi di Jepang, China, Indonesia, Amerika Serikat, dan Jerman.

"Di era persaingan saat ini, pelayanan dan kemudahan bagi investor menjadi faktor yang sangat penting bagi mereka untuk memutuskan berinvestasi. Kami selalu menyambut baik investasi-investasi yang masuk dan kami fasilitasi sebaik mungkin kebutuhan mereka," kata Thomas di Jakarta, Senin (16/9).

Sementara itu, Direktur Promosi Sektoral BKPM Imam Soejoedi mengatakan upaya pemerintah mengeluarkan insentif penanaman modal tax holiday para 2018 yang lalu telah mulai membuahkan hasil.

Dengan mekanisme yang baru, tidak sedikit perusahaan memperhitungkan investasi skala besarnya di Indonesia. Perusahaan ini terdiri dari investor loyal yang ingin melakukan perluasan dan juga investor baru. Khususnya untuk investor Jepang, kabar disetujuinya satu perusahaan Jepang yang mendapatkan tax holiday sangat cepat menyebar di kalangan pengusaha.