Libur Nataru, Satgas Pertamina siapkan pasokan dan layanan BBM-LPG

Satgas Nataru bekerja mulai 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Ilustrasi BBM. Alinea.id/Oky Diaz

PT Pertamina (Persero) membentuk satuan tugas (Satgas) guna memastikan kelancaran distribusi BBM dan LPG selama Natal dan tahun baru (Nataru). Hal ini sebagai antisipasi atas pergerakan jutaan pemudik pada periode tersebut.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Erry Widiastono, mengatakan, Satgas Nataru bekerja mulai 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Pembentukan satgas melibatkan tim holding-subholding Pertamina dan instansi terkait, seperti Kementerian ESDM, Kemenhub, BPH Migas, kepolisian, Jasa Marga, TNI, dan PT Telkom Indonesia Tbk.

"Konsumsi energi diprediksi akan naik karena meningkat mobilitas masyarakat jelang dan sesudah perayaan Natal dan tahun baru. Untuk itu, Pertamina telah menyiapkan pasokan dan layanan tambahan demi melayani kebutuhan energi masyarakat," kata Erry dikutip dari keterangan resmi, Jumat (16/12).

Erry menuturkan, Pertamina akan melakukan pemantauan guna menjamin operasional perusahaan pada periode Nataru 2023. Pemantauan dilakukan melalui Integrated Enterprise Data & Command Center (IEDCC) sebagai pusat informasi penyaluran energi mulai dari upstream, kilang, perkapalan, terminal BBM, hingga ke SPBU.

Melalui pusat informasi ini, pemantauan dan stok kritis di SPBU bisa berjalan serta dapat menjadi prioritas utama pengiriman BBM. "Pemantauan dilakukan secara digital dan petugas akan disiagakan selama 24 jam untuk mengantisipasi pergerakan konsumsi energi di setiap wilayah Nusantara," ujarnya.