Negara G20 urunan US$4 miliar untuk vaksin Covid-19

Negara G20 akan melakukan kolaborasi dengan WHO untuk menemukan vaksin Covid-19.

Presiden Joko Widodo mengikuti forum KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/3/2020). Foto Antara/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan para menteri keuangan di seluruh negara G20 sepakat untuk mengalokasikan anggaran sebesar US$4 miliar untuk menemukan vaksin covid-19.

Kesepakatan tersebut diambil setelah diadakannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus G-20 yang diikuti pemimpin setiap negara pada Kamismalam  (26/3) via teleconference. 

"Di antara menteri keuangan ada indikatif alokasi US$ 4 miliar yang dimobilisasi seluruh negara dunia, terutama G20 untuk akselerasi riset dan temukan antivirus atau vaksin pandemi Covid-19 ini. Sedang dibahas bersama dalam level Menkeu anggota G20," katanya usai KTT G20 dengan Presiden Joko Widodo.

Sri pun menuturkan untuk menemukan vaksin Covid-19 akan dilakukan kolaborasi antara badan kesehatan dunia (WHO) dan seluruh negara di dunia.

Menurut Sri, fokus utama digelarnya KTT Khusus tersebut adalah untuk menangani masalah pandemi Covid-19 dan menyelamatkan nyawa manusia, dan konsekuensi-konsekuensi yang mungkin timbul akibat pandemi tersebut.