Nyaman isolasi mandiri ala homecare

Untuk menikmati layanan homecare diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Lonjakan pasien positif Covid-19 membuat daya tampung rumah sakit membludak. Di tengah kondisi ini, bisnis homecare sebagai pendampingan perawatan Covid-19 (isolasi mandiri) menjadi daya tarik tersendiri. Risikonya, pasien dan keluarga mesti rela merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan layanan kunjungan ke rumah itu. 

Fikri (26) tidak mau mengambil risiko untuk mengantre di rumah sakit kala anggota keluarganya dinyatakan positif Covid-19. Usai berkomunikasi dengan dokter keluarganya, dia pun direkomendasikan mengakses homecare untuk mendapatkan pendampingan isolasi mandiri. 

Karyawan yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur, ini tak pikir panjang untuk menghubungi homecare terdekat di lokasinya. Selain bisa mengakses telekonsultasi bersama tenaga kesehatan, dia pun juga mendapatkan layanan suplai vitamin, swab (home visit) hingga pendampingan sampai pemulihan Covid-19. 

"Memilih homecare karena rasanya lebih aman karena less contact sama banyak orang di luar," ujar Fikri kepada Alinea.id, Kamis (8/7).