OJK luncurkan cetak biru transformasi digital perbankan

Blueprint ini diperlukan dan disusun sebagai pedoman bagi industri perbankan.

Kepala Eksekutif Perbankan OJK, Heru Kristiyana dalam launching cetak biru transformasi digital perbankan secara virtual, Selasa (26/10/2021). Foto tangkapan layar Youtube Otoritas Jasa Keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi meluncurkan cetak biru transformasi digital perbankan sebagai pedoman panduan dan operasionalisasi perbankan digital.

“Buku cetak baru digital perbankan sudah selesai dan kami akan sampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan,” ujar Kepala Eksekutif Perbankan OJK Heru Kristiyana, dalam launching cetak biru transformasi digital perbankan secara virtual, Selasa (26/10).

Heru menjelaskan, blueprint ini diperlukan dan disusun sebagai pedoman bagi industri perbankan, karena seiring berjalannya waktu, perbankan tradisional akan tergusur jika tidak melakukan transformasi digital.

“Saya kira akan menjadi kenyataan dengan hadirnya disrupsi teknologi yang memunculkan pemain baru ekosistem keuangan, seperti fintech dan sebagainya yang juga dapat memberikan layanan sebagaimana yang ditawarkan oleh bank tanpa kehadiran fisik,” ucap Heru.

Heru mengatakan, banyak pakar yang menyatakan bahwa digitalisasi di sektor perbankan sangat penting karena transformasi adalah awal dari suatu masa depan dan menjadi suatu keniscayaan, bahkan dapat dikatakan saat ini adalah akhir dari tahap awal digitalisasi.