OJK: Pasar reksa dana catat kinerja terbaik dalam lima tahun

OJK menyatakan pasar reksa dana tumbuh positif dalam lima tahun terakhir dari sisi jumlah investor, dana kelolaan, maupun produk.

Direktur Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sujanto. Alinea.id/Ahmad Rifwanto

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan pasar reksa dana tumbuh positif dalam lima tahun terakhir dari sisi jumlah investor, dana kelolaan, maupun produk.

Direktur Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sujanto mengatakan total dana kelolaan industri reksa dana di luar produk alternatif investasi  tembus Rp520 triliun sampai 22 Maret 2019. Angka tersebut tumbuh 115,77% jika dibandingkan realisasi Rp241 triliun pada akhir 2014.

"Jumlah reksa dana yang dikeluarkan manajer investasi telah tembus 2.099 produk. Sementara pada 2014 manajer investasi baru merilis jumlah produk reksa dana baru mencapai 875," ujar Sujanto saat ditemui di Jakarta.

Selain itu, OJK juga mencatat, total investor reksa dana di Indonesia mencapai 1,08 juta hingga akhir Februari 2019. Pencapaian itu, setara dengan peningkatan tiga kali lipat dari posisi 320.063 pada akhir Desember 2014

Sujanto mengakui pertumbuhan jumlah investor yang masif didukung oleh perkembangan platform maupun perusahaan berbasis digital. Menurut dia, saat ini, manajer investasi juga sudah memiliki aplikasi untuk transaksi reksa dana.