PD Pasar Jaya pastikan stok pangan jelang Ramadan aman

Meski terjadi kenaikan harga beberapa komoditas pangan, namun stok masih tetap terkendali.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin (kanan) saat konferensi pers terkait stok kebutuhan pokok di pasar induk Kramat Jati, Jakarta, Kamis (12/3/2020). Alinea.id/Nanda Aria.

PD Pasar Jaya menyatakan stok bahan masakan dan bahan pokok masih mencukupi menjelang Ramadan, meski terjadi kenaikan untuk sejumlah komoditas akibat coronavirus.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik dan melakukan aksi-aksi penumpukan barang yang mengganggu ketersediaan dan memicu peningkatan harga.

"Stok pangan stabil meski ada corona. Masyarakat jangan panik. Tinggal sebulan sebelum puasa, pemerintah harus press conference biar masyarakat tidak khawatir. Kalau terpicu sedikit saja di media, harga bisa berubah," katanya usai operasi pasar di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Kamis (12/3).

Dia pun mengatakan, untuk Ramadan, suplai sejumlah bahan pokok masih lancar. Bahan masakan seperti bawang putih, bawang merah, gula, dan cabai masih berada dalam stok yang cukup meski harganya cenderung fluktuatif.

Hal yang sama juga berlaku untuk bahan masakan rempah-rempah seperti jahe, kencur, dan temulawak.