Pelabuhan Patimban fase pertama mulai dibangun

Proyek pembangunan fase pertama ini meliputi konstruksi terminal kendaraan.

Kemenhub sudah menyerahkan proyek ini pada konsorsium Penta Ocean-Toa-Rinkai-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT PP (Persero) Tbk untuk digarap./dok Kemenhub

Proyek Pelabuhan Patimban fase pertama di Subang, Jawa Barat mulai dikerjakan pada Agustus ini. Fase pertama proyek ini diperkirakan membutuhkan investasi sebesar Rp 9 triliun. 

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus H Purnomo menjelaskan saat ini persiapan pekerjaan tengah dilakukan di lokasi. Kemenhub sudah menyerahkan proyek ini pada konsorsium Penta Ocean-Toa-Rinkai-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT PP (Persero) Tbk untuk digarap.

"Sekarang pembangunan sedang jalan dan mereka sedang persiapan. Pekerjaan ini membutuhkan alat di laut karena akses ke pembangunan pelabuhan dari laut semua dan sementara jalan darat ada eksisting road," katanya di Jakarta, belum lama ini.

Proyek pembangunan tahap I ini meliputi konstruksi terminal kendaraan atau terminal car. Pelabuhan Patimban akan memiliki terminal kendaraan dengan dermaga sepanjang 300 meter serta terminal peti kemas 420×35 meter. Agus mengatakan kontrak pengerjaan Pelabuhan Patimban tahap I semua sudah ditandatangani. 

"Kita kan target soft opening April 2019. Nanti jalan aksesnya menyesuaikan. Tapi harus sudah bisa dilewati. Nanti kita sinkronisasi antara pembangunn pelabuhan dan jalan sehingga nanti tahapannya April 2019 sudah bisa dilewati untuk car terminal," jelasnya.