Pelindo IV terbitkan obligasi Rp3 triliun

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV menerbitkan obligasi senilai total Rp3 triliun untuk mendanai pembangunan proyek.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung mengatakan sejumlah proyek-proyek pelabuhan strategis di Kawasan Timur Indonesia (KTI) tersebut adalah Makassar New Port, Pelabuhan Bitung, Kendari New Port, dan Pelabuhan Pantoloan-Palu. / (Foto: Eka Setiyaningsih/Alinea.id)

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menerbitkan obligasi senilai total Rp3 triliun untuk mendanai pembangunan proyek.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung mengatakan sejumlah proyek-proyek pelabuhan strategis di Kawasan Timur Indonesia (KTI) tersebut adalah Makassar New Port, Pelabuhan Bitung, Kendari New Port, dan Pelabuhan Pantoloan-Palu.

“Seluruh pendanaan untuk mempercepat konektivitas di Indonesia Timur. Sehingga nantinya kegiatan antar pulau, ekspor-impor, dan disparitas bisa lebih baik di sana,” kata dia saat pencatatan obligasi tersebut di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (5/7).

Obligasi yang diterbitkan Pelindo IV ini dibagi dalam tiga seri. Seri A bertenor lima tahun, dengan tingkat bunga sebesar 8%, dan nilai emisinya sebesar Rp380 miliar. Seri B memiliki tenor tujuh tahun, dengan besaran kupon 9,15% dan memiliki nilai emisi Rp1,82 triliun. Sedangkan untuk seri ketiga, seri C, tenornya 10 tahun dengan tingkat suku bunga sebesar 9,35%, nilai emisinya Rp800 miliar.

Pelindo IV optimistis obligasi ini akan laku terjual. Saat penawaran, obligasi ini sudah mengalami kelebihan permintaan. Namun, Doso tidak menyebutkan berapa besar kelebihan permintaannya. Dia hanya mengatakan hal ini menunjukkan kepercayaan investor cukup besar kepada Pelindo IV yang wilayah operasinya di Indonesia Timur.