Pembatasan akses medsos tak berdampak signifikan pada e-commerce

Pembatasan media sosial tidak mengganggu operasional e-commerce, namun pengiriman sempat mengalami keterlambatan.

Pembatasan media sosial tidak berdampak pada operasional e-commerce.Alinea.id/Daniel Prastyo

Pemerintah untuk sementara waktu membatasi akses media sosial dan pesan Whatsapp untuk menghindari penyebaran hoaks. Pembatasan ditempuh setelah unjuk rasa memprotes hasil Pemilu 2019 yang berujung kericuhan dan bentrokan. Sejumlah korban, baik meninggal maupun luka-luka, berjatuhan.

Media sosial selama ini digunakan untuk promosi dan berjualan. Platform penyedia toko online atau e-commerce juga menggunakan media sosial untuk hal serupa.

Rupanya, pembatasan akses ke media sosial oleh pemerintah belum berdampak serius. Public Relation Blibli.com Dewi Retno Siregar mengatakan, pembatasan akses tersebut tidak berpengaruh. Sebab, Blibi.com telah memiliki platform untuk melakukan transaksi bagi konsumennya.

“Karena kami hanya menggunakan media sosial sebagai wadah promosi. Kalau mau bertransaksi konsumen harus menggunakan aplikasi kami atau bisa via website,” kata Dewi kepada Alinea.id saat dihubungi, Kamis (23/5).

Meski kantor pusat Blibi.com di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, tutup sementara karena adanya aksi, namun operasional pelayanan tetap berjalan seperti biasa.