Pemerintah bahas formulasi pelabuhan hub internasional

Indonesia terbilang cukup tergantung terhadap Singapura yang menjadi pelabuhan alih muat atau transshipment kargo ekspor domestik.

Foto udara kawasan terminal peti kemas di Pelabuhan Pelindo III Cabang Lembar, Lombok Barat, NTB, Minggu (3/2)./AntaraFoto

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro membahas formulasi pelabuhan penghubung (hub) internasional. 

"Memformulasikan hub, sehingga ketergantungan kapal kepada Singapura bisa berkurang. Daripada menggunakan kapal milik Singapura lebih baik menggunakan domestik," ujar Bambang di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta Pusat, Jumat (22/2).

Apalagi selama ini Indonesia terbilang cukup tergantung terhadap Singapura yang menjadi pelabuhan alih muat atau transshipment kargo ekspor domestik. 

Saat dikonfirmasi soal kelanjutan rencana ini, Bambang pun menyatakan prosesnya sudah berjalan lancar. "Tinggal sedikit lagi. Tunggu saja," katanya.

Ada tujuh pelabuhan penghubung yang akan ditetapkan sebagai hub internasional. Yakni, Belawan/Kuala Tanjung di Sumatra Utara, Tanjung Priok di Jakarta, Kijing di Kalimantan Barat, Tanjung Perak di Jawa Timur, Makassar di Sulawesi Selatan, Bitung di Sulawesi Utara, dan Sorong di Papua Barat.