Pemerintah dapat suntikan utang Rp35 triliun dari lelang SUN

Keinginan investor pada lelang SUN di pasar perdana awal Februari 2021 meningkat signifikan.

Ilustrasi. Foto Antara.

Direktorat Surat Utang Negara, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan merilis hasil lelang surat utang negara (SUN) pada Selasa (2/2).

Pada lelang kali ini, pemerintah memutuskan untuk memenangkan permintaan sebesar Rp35 triliun untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan 2021, termasuk untuk pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 

"Dengan mempertimbangkan yield SBN yang wajar di pasar sekunder serta rencana kebutuhan pembiayaan tahun 2021, pemerintah memutuskan untuk memenangkan permintaan sebesar Rp35 triliun," tulis keterangan resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko.

Selain itu, keinginan investor pada lelang SUN di pasar perdana awal Februari 2021 meningkat signifikan. Demand investor pada lelang kali ini terlihat sangat solid tercermin dari bids yang masuk sebesar Rp83,8 triliun. 

Dibandingkan dengan incoming bids pada lelang SUN sebelumnya, terdapat kenaikan demand lebih dari 50%. Selain itu, bids to cover ratio pada lelang kali ini juga meningkat dari 2,26 kali di lelang sebelumnya menjadi 2,39 kali.