Pemerintah genjot anggaran di awal tahun demi kerek pertumbuhan ekonomi

Salah satu anggaran yang digenjot adalah dana perlindungan sosial kepada masyarakat miskin.

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Perekonomian di Istana Kepresidenan di Jakarta, 13 November 2020. Foto REUTERS/Willy Kurniawan.

Pemerintah mengakselerasi belanja di awal tahun untuk mencapai pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2021 menuju level positif.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan belanja pemerintah yang terus digenjot salah satunya adalah penggelontoran dana program perlindungan sosial (Perlinsos) kepada masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19.

"Kami mempercepat pengeluaran pemerintah, termasuk program perlindungan sosial dan anggaran pemulihan ekonomi,” katanya dalam Investor Forum 2021 yang digelar secara virtual, Selasa (2/3).

Airlangga menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp699,43 triliun dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diyakini dapat menjadi stimulus perbaikan perekonomian.

Dengan mempercepat penyaluran dana PEN tersebut di awal tahun ini, dia optimistis akan mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi pada kuartal I dan kuartal-kuartal selanjutnya.