Pemerintah mengintensifkan pembangunan infrastruktur di Papua

Infrastruktur yang sedang dikembangkan pemerintah pusat diharap dapat membawa perubahan di Papua.

Pemerintah tengah mengkaji pemekaran provinsi di Papua. Alinea.id/Oky Diaz.

Pemerintah pusat sedang membangun sejumlah infrastruktur penting di Papua. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat.

Kepala Pusat Analisis Kinerja Bappenas Velix Wainggai mengatakan, ada beberapa major project infrastruktur sangat penting tengah dibangun di Papua. Salah satunya di kawasan wisata Raja Ampat. Di tempat itu, pemerintah akan melakukan perluasan Bandara Waisai yang menjadi salah satu prioritas dalam 4-5 tahun ke depan.

"Kemudian mendorong dua kawasan ekonomi khusus dan kawasan industri di Teluk Bintuni, Kawasan Ekonomi Khusus Sorong, dan ada beberapa dukungan infastruktur yang sedang dijalankan oleh pemerintah. Tentunya itu semua akan mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar," papar dia 
dalam webinar yang diadakan Unity In Diversity, Jumat (23/10).

Dirut Perusda Baniayu Kabupaten Jayapura Izak R Hikoyabi mengharapkan, infrastruktur yang sedang dikembangkan pemerintah pusat dapat membawa perubahan di Papua. Dengan prediksi populasi penduduk yang akan meningkat, infrastruktur ini diyakini akan menjawab tantangan yang akan datang di masa depan.

Pembangunan jalan terus dilakukan untuk menambah panjang jalan di Papua. Pada saat ini, jalan di Papua meliputi jalan nasional 2.636,73 kilometer, jalan provinsi 2.361,76 kilometer, jalan kabupaten/kota 2.636,73 kilometer. Pembangunan jalan ini dimaksudkan untuk melancarkan kegiatan perekonomian di Papua.