Pemerintah jaga tingkat inflasi untuk kurangi kemiskinan

Penanggulangan inflasi terutama pada komoditas yang berkontribusi besar terhadap pengeluaran keluarga miskin, menjadi salah satu kunci.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengikuti rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR di Kompeks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (11/7)./AntaraFoto

Pemerintah akan menjaga inflasi agar tetap terkendali karena dapat membantu upaya penurunan tingkat kemiskinan yang terus digenjot pemerintah.

"Paling utama adalah mengurangi kemiskinan. Tapi hal lain yang tidak kalah penting yaitu menjaga inflasi," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Rabu (18/7).

Penanggulangan inflasi terutama pada komoditas yang berkontribusi besar terhadap pengeluaran keluarga miskin, menjadi salah satu kunci pengurangan kemiskinan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jenis komoditi makanan yang berpengaruh besar terhadap nilai garis kemiskinan di perkotaan maupun di perdesaan adalah beras, rokok kretek filter, telur ayam ras, daging ayam ras, mie instan, dan gula pasir. Sedangkan komoditi non makanan yang berpengaruh besar terhadap nilai garis kemiskinan di perkotaan maupun perdesaan adalah perumahan, bensin, listrik, pendidikan, dan perlengkapan mandi.

"Beras kontribusinya sampai dengan 27%. Harga beras itu tidak boleh naik, sekali naik pengaruhnya sampai dengan 27%," kata Bambang.