Pemerintah jamin stok pangan hingga BBM aman jelang Lebaran

Inflasi Ramadan dan Idul Fitri yang dalam dua tahun terakhir tercatat menurun.

Pemerintah memastikan kebutuhan pangan, transportasi hingga stok bahan bakar minyak (BBM) menjelang Ramadan dan Lebaran 2019 dalam kondisi aman terkendali. / Antara Foto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan kebutuhan pangan, transportasi hingga stok bahan bakar minyak (BBM) menjelang Ramadan dan Lebaran 2019 dalam kondisi aman terkendali.

"Perkembangan harga-harga terutama pangan dan kebutuhan paling utama lainnya terlihatnya praktis tidak ada masalah berarti," ujar Darmin dalam Rapat Koordinasi tentang Persiapan Ramadan dan Idul Fitri 1440 H di Jakarta, Kamis (25/4).

Hal tersebut disimpulkannya bersama jajaran pemerintah yakni Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan perwakilan kementerian/lembaga terkait lainnya. Pemerintah 

Secara umum, kepastian tersebut ditarik dari perkembangan inflasi Ramadan dan Idul Fitri yang dalam dua tahun terakhir tercatat menurun. Inflasi volatile food bahkan lebih terkendali, termasuk harga beras yang tidak lagi mengalami inflasi.

Pada 2017, inflasi saat Ramadan mencapai 0,69%, kemudian berkurang pada Ramadan 2018 menjadi 0,59%.