Pemerintah kucurkan insentif pariwisata Rp298 miliar

Insentif ini demi mencapai target 736.000 wisatawan mancanegara (wisman) dan devisa Rp13 triliun.

Ilustrasi. Foto Antara.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menyatakan pemerintah akan mengucurkan insentif untuk sektor pariwisata sebesar Rp298 miliar demi mencapai target 736.000 wisatawan mancanegara (wisman). 

Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio mengungkapkan, pemerintah akan menyasar turis dari Australia, Amerika, dan Eropa atau selain dari China. Hal ini terkait dengan ditutupnya penerbangan dari dan menuju China imbas coronavirus.

Menurut Wishnutama, target pasar yang baru disasar pemerintah ini diharapkan bisa melakukan spending yang cukup besar di Indonesia. Dari 736.000 wisman yang ditargetkan, devisa yang dihasilkan bisa mencapai sekitar Rp13 triliun.

“Kurang lebih kita targetkan yang ASPA (Average Spending per Arrival) di atas US$1.700 per kunjungan, sehingga akan mempunyai dampak ekonomi yang besar buat Indonesia,” ujar Wishnu usai mengikuti rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, dilansir dari setkab.go.id, Selasa (25/2).

Lebih lanjut, Wisnu juga menjelaskan pemerintah telah memberikan insentif untuk tarif penerbangan hingga 50% dari harga tiket. Selain itu, kata dia, Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp147 miliar di 25 daerah akan dialihkan 96% yang berkaitan dengan industri pariwisata agar dapat menggerakan ekonomi masyarakat.