Pemerintah gelontorkan Rp710 miliar bangun 148 jembatan gantung

Proyek ini wujud salah satu kebijakan Jokowi untuk membangun infrastruktur daerah perdesaan terutama yang sulit dijangkau.

Warga melintasi jembatan gantung yang membelah sungai Lusi di Desa Jenengan, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (5/2/2020). Foto Antara/Yusuf Nugroho.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan dana hingga Rp710 miliar untuk membangun 148 unit jembatan gantung yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia pada 2020.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jembatan gantung ini akan membuka akses masyarakat ke fasilitas umum dan menghubungkan satu desa dengan yang lainnya.

"Keberadaan jembatan ini akan mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, menyelesaikan urusan administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antarwarga," kata Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/2).

Basuki menuturkan, selain menjadi akses penghubung antardesa, jembatan gantung juga dapat menggerakkan potensi ekonomi perdesaan sebagai objek wisata.

Jembatan gantung, ujar dia, juga merupakan salah satu wujud kebijakan Presiden Joko Widodo untuk membangun infrastruktur daerah perdesaan terutama yang sulit dijangkau sehingga lebih terbuka.