Pemerintah luncurkan Kartu Pra Kerja, pendaftaran dibuka April 2020

Pemerintah menggandeng 10 platform digital untuk program Kartu Pra Kerja.

(kiri depan ke kanan depan) Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Sesmenko Susiwijono dan perwakilan mitra resmi Karu Prakerja memberikan keterangan kepada wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Foto Antara/Nova Wahyudi.

Pemerintah meluncurkan Kartu Pra Kerja untuk memudahkan para pencari kerja mendapatkan pelatihan dan meningkatkan skill yang dimiliki. Pemerintah menggandeng 10 platform digital untuk mendukung program ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan 10 platform digital ini adalah lembaga-lembaga yang telah kompeten di bidangnya dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Lewat kartu prakerja ini kita harapkan para pencari kerja dapat mendapatkan up skilling, reskilling, atau keterampilan baru agar dapat bersaing di dunia kerja," katanya dalam teleconference launching Kartu Prakerja di Kemenko Perekonomian, Jumat (20/3).

Luhut juga mengatakan Kartu Pra Kerja ditujukan untuk warga negara Indonesia (WNI) dengan usia di atas 18 tahun, dan dapat mendaftar melalui situs www.prakerja.go.id. Peserta dapat memilih berbagai jenis pelatihan melalui platform digital yang menjadi mitra resmi pemerintah.

"Skema Kartu Pra Kerja sangat mudah untuk diikuti. Setiap WNI di atas 18 tahun bisa mendaftarkan diri secara online di situs Kartu Pra Kerja. Kemudian, mereka bisa memilih berbagai jenis pelatihan melalui platform digital mitra resmi pemerintah," ujarnya.