Pemerintah manfaatkan limbah tambang jadi bahan bangunan

Limbah tambang akan diolah menjadi bahan baku untuk pembangunan beton, batu bata, dan lainnya.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar. Alinea.id/Soraya Novika

Pemerintah berencana memanfaatkan hasil pengolahan dan pemurnian limbah tambang (slag) dari smelter (mineral) untuk membangun jalan.

Hal tersebut dibicarakan dalam rapat koordinasi antara Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution bersama Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar dan Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno di kantor Darmin, Selasa (21/5).

Saat ditemui, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar membenarkan hal tersebut dan menyatakan rencana tersebut sedang dimatangkan. Selama ini, limbah tambang tersebut tidak banyak dimanfaatkan.

"Kalau pemanfaatannya untuk BUMN, salah satunya buat jalan, beton, dan batu bata. Jadi nanti hasilnya dikirim ke pabrik semen dan macam-macam," ujar Arcandra di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Senada dengan itu, Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengungkapkan bahwa pemanfaatan slag ini seiring dengan upaya pemerintah mendorong hilirisasi tambang dengan mendirikan lebih banyak smelter di Indonesia.