Pemerintah siap hadapi perlambatan ekonomi dunia

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah strategi menghadapi perlambatan ekonomi global.

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kiri), melakukan seremoni penutupan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2018 di kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (28/12)./ Antara Foto

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi pertumbuhan ekonomi global yang melambat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, pemerintah telah memperkirakan sejak lama, kondisi ini akan terjadi.

"Kita sedang siapkan langkah-langkah untuk mendorong ekspor, tapi ya jangan ditanya dulu detailnya," kata Darmin di kantornya pada Senin (21/1) malam.

Kendati demikian, Darmin masih optimistis proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang tahun ini sesuai dengan asumsi 5,3%. Menurutnya, pemerintah telah memperkirakan pelemahan ekonomi global ini jauh-jauh hari, sehingga siap menghadapinya.

Pemerintah juga sudah menerbitkan beberapa kebijakan untuk menarik investasi. Di antaranya melalui penyederhanaan izin usaha melalui online single submission (OSS) dan insentif untuk investasi, terutama bagi industri pionir. 

"Kita sudah memperkirakan itu sebenarnya sejak tahun lalu, cuma ya memang ada kemudian yang datangnya lebih cepat," ujarnya.