Bersiap jadi hub industri halal global, pemerintah siapkan 6 kawasan khusus

Dari enam calon kawasan industri halal tersebut, dua di antaranya telah memasuki tahap verifikasi.

Kawasan industri halal di Kawasan Industri Bintan. Foto bkpm.go.id

Pemerintah sedang menyiapkan enam kawasan industri halal untuk mendorong cita-cita Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai hub industri halal global. Dari enam calon kawasan industri halal tersebut, dua di antaranya telah memasuki tahap verifikasi.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, dua calon kawasan industri halal yang telah memasuki tahapan verifikasi tersebut, adalah Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten dan Kawasan Industri Safe N Lock, Sidoarjo Jawa Timur.

"Dapat kami laporkan beberapa pembangunan kawasan industri halal yang saat ini sudah ada, mulai dua kawasan yang sudah dalam proses verifikasi, dan empat kawasan lagi yang sedang persiapan pengembangan," katanya dalam diskusi Mendorong Pengembangan Industri Halal dan UU Ciptaker bersama Alinea Forum, Selasa (24/11).

Sedangkan, empat kawasan yang masih dalam persiapan menjadi hub industri halal adalah Kawasan Industri Bintan, Riau; Kawasan Industri Surya Borneo, Kalimantan Tengah; Kawasan Industri Batamindo, Kepulauan Riau; dan Kawasan Industri Jakarta Pulogadung, DKI Jakarta.

Selain mengembangkan kawasan khusus industri halal, pemerintah juga mendorong masuknya klaster industri halal di kawasan ekonomi khusus (KEK) yang telah terbentuk sebelumnya.