Pemerintah siapkan dana bantuan gempa Palu Rp1,06 triliun

Pemerintah menyiapkan dana bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, senilai Rp1,06 triliun.

Pemerintah menyiapkan dana bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, senilai Rp1,06 triliun. / Antara Foto

Pemerintah menyiapkan dana bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, senilai Rp1,06 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menjelaskan, dalam satu atau dua hari ini akan ada tambahan dana kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk digunakan dalam penanganan darurat korban.
 
"Tambah Rp500 miliar dari yang sudah ada di BNPB," ujar Askolani melalui pesan singkat, Selasa (2/10). 

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku telah menyiapkan dana yang siap dicairkan (dana on call) sebesar Rp560 miliar untuk membantu masyarakat yang terkena musibah tersebut.

Dengan demikian, pemerintah akan gelontorkan Rp1,06 triliun untuk penanganan korban gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu. Dana tersebut khusus untuk membantu keselamatan, kesehatan, pengungsian, serta stok makanan korban. 

Kementerian Keuangan melalui Anggaran Bendahara Umum Negara (BUN), menyiapkan dana on call dalam APBN 2018 sebesar Rp4 triliun. Dana tersebut termasuk untuk membantu korban bencana, rehabilitasi, dan rekonstruksi pasca bencana yang dikoordinir oleh BNPB.