Pemerintah targetkan 3 satelit baru meluncur hingga 2022

Kebutuhan anggaran untuk satelit baru tersebut mencapai Rp22 triliun.

Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan Indonesia akan menambah tiga satelit hingga 2022 untuk meningkatkan jangkauan internet. / Antara Foto

Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan Indonesia akan menambah tiga satelit hingga 2022 untuk meningkatkan jangkauan internet. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan kebutuhan anggaran untuk satelit baru tersebut mencapai Rp22 triliun.

“Total ada tiga satelit karena Indonesia harus punya kapasitas yang besar. Ada 214.000 sekolah yang belum terhubung dengan internet. Nanti juga semua puskesmas di seluruh Indonesia, semua rumah sakit, semua kantor desa harus terkoneksi dengan kecepatan internet yang tinggi, bukan yang lemot," kata Rudiantara usai peluncuran Palapa Ring di Jakarta, Senin (14/10).

Rudiantara mengatakan, setelah proyek Palapa Ring diluncurkan, maka Indonesia akan merancang dua satelit lagi. Dia pun menyebut saat ini pemerintah tengah membangun 4.000 Base Transceiver Station (BTS). Proyek ini diharapkan selesai pada 2020.

Rudiantara menyebut Palapa Ring dikerjakan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau public private partnership (PPP).

Pembiayaan yang diterapkan dengan skema availability payment (AP), memungkinkan pemerintah memulai pembayaran penggantian modal yang ditanamkan investor setelah proyek beroperasi.