Pemerintah telah revitalisasi 4.211 pasar rakyat sejak 2015

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah merevitalisasi 4.211 dari target 5.000 pasar rakyat sepanjang 2015-2019.

Pasar Budaya Mama-Mama Papua di Jayapura. / Antara Foto

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah merevitalisasi 4.211 dari target 5.000 pasar rakyat sepanjang 2015-2019.

Mantan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Khrisnamurti mengusulkan revitalisasi pasar rakyat segera diberlakukan demi memulihkan kekuatan pasar dalam negeri terutama untuk sektor pangan. Hal itu dilakukan lantaran minimnya pendataan terhadap arus barang dan harga tersebut.

"Sulit membuat kebijakan pasar dalam negeri yang komprehensif terutama di sektor bahan pokok karena tidak ada datanya. Datanya bukan data produksi, tapi data perdagangan," ujar Bayu di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin (11/3).

Bayu menjelaskan jika 5.200 pasar rakyat yang ada direvitalisasi, maka pemerintah dapat dengan mudah memonitor arus barang dan harga serta mempermudah identifikasi pergerakan pasar. Sehingga kebijakan sektor pangan yang berkelanjutan (sustainable) dapat diterapkan. 

"Kalau pasar rakyat direvitalisasi dengan mekanisme yang tidak hanya memantau harga tapi juga barang, maka pemerintah akan lebih mandiri, sudah punya data riil jadi bisa pantau pasar dengan mudah," katanya.