Pemerintah yakinkan Indonesia tidak akan kekurangan pangan

"Beras kita banyak. Tinggal bagaimana kita mendistribusikan kepada masyarakat."

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman (kanan) bersama Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso (kiri) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Beras Induk Cipinang (PIBC), Jakarta, Kamis (8/11)./ Antara Foto

Kementerian Pertanian (Kementan) meyakini bahwa permasalahan ketahanan pangan di Indonesia akan terus terjaga. Meskipun pembangunan pertanian dan ketahanan pangan saat ini, sedang menghadapi berbagai permasalahan. 

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi, menjelaskan permasalahan yang dimaksud di antaranya perubahan iklim, pertambahan penduduk, dan penurunan jumlah tenaga kerja, di sektor pertanian. 

Namun dia meyakini, hal itu bisa diatasi sebab Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah, teknologi maju, dan iklim yang lebih bersahabat.

"Saya optimis, Indonesia tidak akan kekurangan pangan. Beras kita banyak. Tinggal bagaimana kita mendistribusikan kepada masyarakat," jelas Agung seperti dikutip dalam siaran resminya, Sabtu (1/12). 

Menurutnya, Kementan telah menjalankan program terobosan untuk mendorong peningkatan produktivitas pangan.