Pemilik Facebook jual saham Rp 6,9 Triliun untuk amal

Penjualan saham dilakukan secara bertahap selama Februari 2018, untuk mendanai perusahaan cangkang yang bernama Chan Zuckerberg Initiative.

Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan/Dok Facebook

Pemilik raksasa perusahaan media sosial Facebook, Mark Zuckerberg menjual kepemilikan saham sekitar US$500 juta atau setara dengan Rp 6,9 triliun (kurs Rp 13.800/US$) untuk pendanaan kegiatan amal.

Penjualan saham dilakukan secara bertahap selama Februari 2018, untuk mendanai perusahaan cangkang yang bernama Chan Zuckerberg Initiative (CZI).

Langkah ini tidak mengejutkan, lantaran menjadi bagian dari rencana Zuckerberg untuk mempercepat penjualan saham demi membiayai CZI yang telah didirikan pada Desember 2015 bersama istrinya, Priscilla Chan.

Dua perusahaan sekuritas pada Kamis (1/3/2018), menunjukkan bahwa Zuckerberg menjual 685.000 saham senilai US$ 125,4 juta dalam tiga hari terakhir selama Februari. Sehingga, total penjualan saham Facebook mencapai 2,7 juta lembar senilai US$ 482,2 juta.

"Penjualan ini adalah langkah berikutnya dalam proses yang ditetapkan Zuckerberg pada September untuk mendanai karya CZI dalam bidang sains, pendidikan dan isu-isu keadilan dan peluang. Dana akan digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas dan operasional filantropi CZI selama bertahun-tahun yang akan datang," kata juru bicara CZI seperti dikutip dari Reuters.