Menteri Suharso: Pemulihan ekonomi RI lebih baik dari negara lain di Asia

Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih lebih baik dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Foto tangkapan layar.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan tahun 2022 dan 2023 menjadi momentum bagi Indonesia di dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih lebih baik dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia.

Dia menyebut, ekonomi di beberapa negara lain sempat tumbuh dan pulih. Namun kemudian setelah mencapai titik pemulihan, pertumbuhannya menjadi melambat dan bahkan ada yang bertumbuh negatif.

"Ekonomi Indonesia tumbuh tinggi dari negara lain khususnya di negara-negara kawasan Asia. PDB (produk domestik bruto) Indonesia berdasarkan harga konstan lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi," paparnya dalam Diskusi Publik Forum Masyarakat Statistik, Senin (21/2).

Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi bagian dari sasaran pembangunan, sehingga penting untuk dianalisis dan dimonitor perkembangannya. Suharso mengharapkan dengan perkembangan di tahun 2022 ini, Indonesia bisa menjadi upper middle income.

"Sehingga di tahun 2023 menjadi penting sebagai titik percepatan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi lebih tinggi lagi," harapnya.