Pendapatan MNCN turun 4,93%, audience share tinggi

Terkoreksinya pendapatan usaha perseroan membuat laba bersih ikut tergerus.

Ilustrasi acara Masterchef Indonesia yang ditayangkan di RCTI. Foto hasil tangkapan layar Youtube MasterChef Indonesia.

Emiten media milik taipan Hary Tanoesoedibjo, PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) mencatatkan penurunan pendapatan usaha sebesar 4,93% pada kuartal III-2020 menjadi Rp5,96 triliun dari Rp6,27 triliun pada kuartal III-2019.

Turunnya pendapatan usaha tersebut diakibatkan oleh seretnya pendapatan iklan nondigital perseroan sebanyak 12,38% menjadi Rp4,84 triliun pada kuartal III-2020, dari Rp5,53 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Meski demikian, pendapatan iklan digital perseroan tercatat mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pos pendapatan usaha ini naik 34,46% di kuartal III-2020 menjadi Rp675 miliar, dari Rp502 miliar pada kuartal III-2019.

Terkoreksinya pendapatan usaha perseroan membuat laba bersih ikut tergerus. Tercatat pada kuartal III-2020 ini, laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk turun 17,54% menjadi Rp1,37 triliun, dari Rp1,66 triliun secara tahunan (year on year/yoy).

Kuasai jam prime time