sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pendapatan MNCN turun 4,93%, audience share tinggi

Terkoreksinya pendapatan usaha perseroan membuat laba bersih ikut tergerus.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 25 Nov 2020 18:35 WIB
Pendapatan MNCN turun 4,93%, audience share tinggi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Emiten media milik taipan Hary Tanoesoedibjo, PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) mencatatkan penurunan pendapatan usaha sebesar 4,93% pada kuartal III-2020 menjadi Rp5,96 triliun dari Rp6,27 triliun pada kuartal III-2019.

Turunnya pendapatan usaha tersebut diakibatkan oleh seretnya pendapatan iklan nondigital perseroan sebanyak 12,38% menjadi Rp4,84 triliun pada kuartal III-2020, dari Rp5,53 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Meski demikian, pendapatan iklan digital perseroan tercatat mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pos pendapatan usaha ini naik 34,46% di kuartal III-2020 menjadi Rp675 miliar, dari Rp502 miliar pada kuartal III-2019.

Terkoreksinya pendapatan usaha perseroan membuat laba bersih ikut tergerus. Tercatat pada kuartal III-2020 ini, laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk turun 17,54% menjadi Rp1,37 triliun, dari Rp1,66 triliun secara tahunan (year on year/yoy).

Kuasai jam prime time

Di sisi lain, performa prime time empat stasiun televisi di bawah emiten yang diperdagangkan dengan kode saham MNCN itu mencatatkan rekor terbaik di industri pertelevisian. Berdasarkan data Nielsen pada Senin (23/11), empat televisi MNCN yang menginduk ke Global Mediacom mencatatkan total audience share tinggi saat prime time pukul 18.00-22.30, yaitu 46,5% di upper middle.

Rinciannya, RCTI memiliki audience share 30,8%. Pangsa pemirsa RCTI tercatat jauh melampaui capaian SCTV pada posisi kedua dengan audience share 17%.

Selanjutnya, stasiun televisi MNCTV, GTV, dan iNews mencatatkan performa audience share berturut-turut sebesar 9,7%, 4,7% dan 1,3% pada jam prime time.

Sponsored

Program yang berkontribusi terhadap rekor tersebut, yaitu sinetron Ikatan Cinta besutan MNC Pictures, unit dari PT MNC Studios International Tbk (MSIN). Sinetron ini tayang di RCTI dan dengan audience share 35,9% pada Minggu (22/11) dengan rating 10,1. Program Masterchef Indonesia juga mencetak rekor dengan rating 5 dan audience share sebesar 25,8%.

Managing Director RCTI dan MNCTV, yang juga Production Director 3 TV Noersing, sejak tayangan perdana Masterchef Indonesia season 7 menjadi primadona baru prime time akhir pekan dan meraih sambutan dari penonton televisi dan digital.

Adapun, GTV menyumbangkan performa melalui program-program movie dan animasi, serta program eSports Star Indonesia.

"Top of mind, program pencarian bakat eSports Star Indonesia yang menjaring peminat lebih dari 22.000 kontestan pendaftar, menunjukkan program ini sangat diminati oleh pemirsa," ujar Noersing.

iNews mengalami performa yang baik dengan  program bergenre dokumenter, seperti TOP, Indonesia Border dan Program iNews Siang. 

Sementara itu, saham MNCN tercatat naik 0,48% ke level Rp1.045 per saham. Namun, saham PT Global Mediacom Tbk. (BMTR) terkoreksi 2,14% menjadi Rp274 per saham. Selanjutnya, saham PT MNC Vision Network Tbk. (IPTV) turun 1,30% ke Rp304.

Berita Lainnya