Penjualan produk perawatan dan kecantikan makin glowing

Produk perawatan dan kecantikan laris manis di platform e-commerce.

Ilustrasi. Foto Freepik.

Produk perawatan dan kecantikan laris manis di platform e-commerce. Kategori ini berkontribusi besar terhadap  peningkatan nilai penjualan di marketplace sepanjang periode Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember 2023 atau yang lebih dikenal dengan double date (12.12). 

Data Dashboard Compas.co.id menunjukkan kategori perawatan dan kecantikan mencatat penjualan Rp137 miliar dengan 4,2 juta transaksi. Adapun brand yang paling diminati konsumen adalah La Mei La yang mencatatkan 96.540 transaksi atau meningkat 32%. Diikuti oleh dua brand lokal, yakni Wardah dengan 71.562 transaksi atau meningkat 32%, dan Hanasui dengan 68.484 transaksi atau meningkat 29%.

Pada periode tersebut, seluruh tempat jual-beli online mengalami peningkatan baik nilai penjualan maupun jumlah transaksi. Industri fast moving consumer goods (FMCG) di e-commerce berhasil mencapai penjualan sebesar Rp279 miliar dari 9 juta transaksi atau meningkat 86% dari rata-rata nilai penjualan di hari lainnya yang hanya mencapai Rp149 miliar.

Dari data yang sama, Tokopedia mencatatkan peningkatan nilai penjualan sebesar 214% atau naik Rp47 miliar, ke angka Rp69 miliar. Peningkatan persentase penjualan itu terbesar setelah Blibli yang meningkat 316% atau Rp6,2 miliar ke angka Rp8,2 miliar, Lazada meningkat 154% atau Rp18,4 miliar ke angka Rp30,5 miliar, dan Shopee meningkat 50% atau Rp57 miliar, ke angka Rp171 miliar.

“Kami memonitoring data penjualan e-commerce secara real-time melalui metode crawling, merekam periode 12.12 merupakan peningkatan penjualan tertinggi sepanjang masa harbolnas di tahun 2023 dengan 86%. Sebelumnya peningkatan tertinggi dicatatkan pada bulan November 2023 dengan 64%,” ujar CEO Compas.co.id, Hanindia Narendrata, Rabu (27/12).