Penundaan Brexit bikin kurs rupiah stagnan

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan pasar spot hari ini (29/10) ada di level 14.020 per US$.

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan pada perdagangan pasar spot hari ini (29/10) di level 14.020 per dolar AS. / Antara Foto

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan pada perdagangan pasar spot hari ini (29/10) di level 14.020 per dolar AS.

Direktur Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan stagnasi level rupiah ini didorong oleh sentimen yang berasal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Sentimen dari luar negeri datang dari Uni Eropa yang telah bersepakat untuk menunda keluarnya Inggris hingga tiga bulan.  Perpanjangan ini hanya membuat ketidakpastian bagi perekonomian global  

"Parlemen Inggris pun menolak upaya ketiga Perdana Menteri Boris Johnson untuk menjadwalkan pemilihan umum pada 12 Desember mendatang," kata Ibrahim dalam riset hariannya, Selasa (29/10).

Selain itu, sentimen lain dari luar negeri datang dari Bank Sentral AS, The Fed, yang diperkirakan akan memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya berturut-turut. Investor berekspektasi akan ada pemangkasan suku bunga sebesar 25 basis poin lagi (bps).