Percepat pembukaan rekening, KSEI gandeng Ditjen Dukcapil

Kerja sama ini dilakukan untuk memperdalam pasar investasi. Dengan begitu, fundamental pasar modal di Indonesia akan jauh lebih kuat

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan kerja sama ini dilakukan untuk memperdalam pasar investasi. /Eka Setiyaningsih

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) untuk mempercepat pembukaan rekening investasi. 

Acara di awali dengan penandatanganan serentak perjanjian kerja sama yang turut dilakukan Dirjen Dukcapil, BEI, KSEI, TICMI, 78 perusahaan efek, 19 manajer investasi dan enam agen penjual reksa dana.

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan kerja sama ini dilakukan untuk memperdalam pasar investasi. Dengan begitu, diharapkan fundamental pasar modal di Indonesia akan jauh lebih kuat.

"Ini salah satu upaya yang dilakukan KSEI, untuk melakukan pendalaman pasar. Bagaimana melakukan pendalaman pasar agar market lebih stabil karena tidak kita pungkiri banyak dampak dari luar negeri yang memengaruhi pasar," kata Kiki sapaan akrab Friderica di Ballroom Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (21/12).

Selama ini proses pembukaan rekening efek memakan waktu, bahkan ada yang sampai dua minggu lamanya lantaran proses dokumen dan pendataan. Namun kini, dengan kerja sama pembukaan rekening bisa dilakukan dalam waktu kurang dari satu jam. Sebab kini proses pendataan pembukaan rekening investasi cukup memanfaatkan NIK, data kependudukan dan KTP el.