Perry Warjiyo resmi jabat gubernur Bank Indonesia

Komisi XI resmi mengangkat Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia menggantikan Agus D.W. Martowardojo.

Perry Warjiyo resmi menjabat gubernur Bank Indonesia menggantikan Agus Martowardojo/ Antara Foto

Komisi XI resmi mengangkat Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia menggantikan Agus D.W. Martowardojo. Perry telah menyelesaikan uji kepatutan dan kelaikan (fit and proper test) yang digelar oleh DPR.

Hari ini diputuskan bahwa Perry Warjiyo layak untuk menjadi Gubernur BI selanjutnya, juga sudah menetapkan Doddy Waluyo menjadi Deputi Gubernur BI.

Ketua Komisi XI Melchias Markus Mekeng mengatakan pemilihan Perry Warjiyo dan Doddy Waluyo dilakukan secara mufakat. Sebanyak 10 fraksi di Komisi XI menyetujui keputusan tersebut.

"Dua-duanya punya rekam jejak yang mumpuni di bidang moneter. Pak Dody bawahnya Pak Perry. Ini hemat saya, ini kombinasi team work yang bagus, dengan deputi-deputi gubernur yang lain," ujar Mekeng di ruang rapat Komisi XI DPR RI usai melakukan fit and proper test, Rabu (28/3).

Usai fit and proper test, Mekeng akan menyampaikan keputusan tertulis kepada pimpinan DPR untuk menggelar rapat paripurna. Kemudian, dijadwalkan hasil putusan komisi XI ini akan dibacakan dalam sidang paripurna DPR pada Selasa pekan depan.