Pertamina & PTBA bentuk usaha patungan hilirisasi batu bara

PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), PT Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemicals Inc., membentuk usaha patungan hilirisasi batu bara.

Penandatangan ini dilakukan oleh Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Chairman, President & CEO Air Products and Chemicals Inc. Seifi Ghasemi, dengan disaksikan Menteri BUMN Republik Indonesia Rini Soemamo di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (16/1). / Facebook

PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), PT Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemicals Inc., membentuk usaha patungan hilirisasi batu bara.

Joint venture (JV) itu akan mengolah batu bara milik PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk. dan produk turunannya.

Pada rencana awal ini, ketiga perusahaan tersebut telah menandatangani pokok-pokok perjanjian pembentukan perusahaan patungan hilirisasi mulut tambang batu bara PTBA yang berada di Peranap, Riau.

Penandatangan ini dilakukan oleh Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Chairman, President & CEO Air Products and Chemicals Inc. Seifi Ghasemi, dengan disaksikan Menteri BUMN Republik Indonesia Rini Soemamo di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (16/1).

Menteri BUMN Rini Soemarno mengharapkan agar realisasi berdirinya hilirisasi batu bara ini segera terwujud. Sebab, kata dia, Indonesia harus tetap mengembangkan industri hilirisasi batu bara bukan hanya dalam rangka mengurangi impor tapi juga dalam rangka mengembangkan ekspor.