Pertamina sebut harga avtur sudah sesuai formula pemerintah

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan harga avtur Pertamina lebih mahal daripada Singapura.

PT Pertamina (Persero) menyatakan harga bahan bakar pesawat atau avtur sudah diperhitungkan sesuai dengan formula yang ditetapkan oleh pemerintah. / Antara Foto

PT Pertamina (Persero) menyatakan harga bahan bakar pesawat atau avtur sudah diperhitungkan sesuai dengan formula yang ditetapkan oleh pemerintah. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan perseroan hanya mengikuti ketentuan yang ada. 

Nicke juga mengklaim harga avtur Pertamina masih kompetitif, bahkan maskapai penerbangan Indonesia yang ada di luar negeri masih menggunakan avtur milik Pertamina.

"Avtur dan solar kita sudah tidak impor, bahkan untuk avtur kita sudah ekspor," kata Nicke Widyawati di Jakarta, Selasa (26/11).

Namun, Nicke menjelaskan, untuk wilayah Indonesia timur, harga avtur ada kenaikan dikarenakan infrstruktur yang banyak belum mendukung keekonomian.

Oleh karena itu, Pertamina akan membangun infrastruktur kilang di Indonesia timur, agar BBM satu harga dan distribusi bahan bakar lainnya bisa mencapai keekonomian yang sama.