Peta jalan ketahanan pangan fokus pada diversifikasi makanan

Roadmap ini pada akhirnya akan menuju peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kementerian Pertanian menyatakan peta jalan (roadmap) ketahanan pangan dalam periode kedua pemerintahan Jokowi akan fokus kepada integrasi sistem untuk pemenuhan gizi masyarakat dengan diversifikasi produk pangan. / Antara Foto

Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan peta jalan (roadmap) ketahanan pangan dalam periode kedua pemerintahan Jokowi akan fokus kepada integrasi sistem untuk pemenuhan gizi masyarakat dengan diversifikasi produk pangan.

Kepala Bidang Ketersediaan Pangan Kementan Rachmi Widiriani mengatakan roadmap ini pada akhirnya akan menuju peningkatan kualitas sumber daya manusia. Bukan hanya dari segi pemenuhan gizi masyarakat namun juga kesejahteraan pelaku usaha dan petani.

"Sehingga tidak hanya di konsumen yang menikmati tapi pelakunya juga, dan juga termasuk petani sesuai RPJMN 2020," katan Rachmi di Jakarta, Senin (21/10).

Rachmi melanjutkan, dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat, konsumsi bahan pangan tidak harus berasal dari beras saja, melainkan juga bisa berasal dari bahan pangan yang memiliki kandungan gizi baik dan tumbuh subur di Indonesia.

"Kecukupan gizi harus dipenuhi dan karena keterbukaan informasi, masyarakat tidak lagi beras minded, harus ada diversifikasi pangan. Permintaan untuk kebutuhan pangan pun juga mengikuti selera konsumen," ujarnya.