PMI dan Bluebird sediakan transportasi gratis jemput bola plasma konvalesen

Permintaan plasma konvalesen yang tinggi belum diimbangi jumlah donor plasma.

Ilustrasi kerja sama PMI dengan Bluebird. Dokumentasi Bluebird.

Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan kerja sama dengan perusahaan penyedia layanan transportasi, PT Blue Bird Tbk. (BIRD), untuk menyediakan jemput-antar donor plasma konvalesen secara gratis. Layanan kemanusiaan ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan plasma konvalesen yang mengalami peningkatan permintaan dalam beberapa pekan ini.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, inovasi layanan tersebut merupakan pengembangan layanan jemput-antar pasien Covid-19 yang didukung Blue Bird. Dengan kemudahan tersebut, JK berharap para penyintas Covid-19 dapat terlayani secara maksimal untuk mendonorkan plasma darahnya.

"Kami sudah berupaya secara maksimal untuk mendistribusikan plasma konvalesen. Tapi persoalannya jumlah penyintas yang mendonor sedikit, sementara permintaannya saat ini tinggi sekali, di DKI saja daftar tunggunya mencapai ribuan," kata JK dalam keterangan resminya, Selasa (13/7).

Seperti diketahui, plasma konvalesen diberikan kepada pasien Covid-19 sebagai terapi pendamping. Plasma darah yang mengandung antibodi penyintas Covid-19 tersebut dapat membantu meningkatkan pertahanan antibodi penderita terhadap virus tersebut.

"Ini merupakan salah satu terapi yang efektif menurut ahli. PMI sudah melakukan pelayanan donor plasma berdasarkan standar yang berlaku sejak lama. Untuk plasma konvalesen sendiri, sejak pandemi sudah terdistribusi 50.000-an kantong," ujarnya.