Presiden Jokowi resmikan pabrik mobil Esemka

Esemka sudah dirintis kurang lebih selama 10 tahun lalu oleh para teknisi, anak-anak SMK, dan sejumlah inisiator.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik otomotif karya anak bangsa PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, hari ini (6/9). / Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik otomotif karya anak bangsa PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, hari ini (6/9). Jokowi mengatakan peresmian pabrik ini merupakan langkah untuk pengembangan industri otomotif nasional.

"Banyak yang bertanya kepada saya mengapa mau meresmikan pabrik Esemka ini. Karena, saya ingin mendukung pengembangan otomotif nasional, " kata Presiden Jokowi di Boyolali, Jumat (6/9).

Menurut Jokowi, pihaknya mendukung merek lokal atau nasional seperti industri otomotif Esemka di Boyolali ini. Mobil Esemka adalah brand dan principal Indonesia, dan merek sendiri yang sudah dirintis kurang lebih selama 10 tahun lalu oleh para teknisi, anak-anak SMK, dan sejumlah inisiator.

“Saya melihat bagaimana mesin dan komponen lain dirakit banyak sekali yang berasal dari dalam negeri. Artinya, lokal kontennya sudah baik, meski saya tahu pasti belum sampai ke angka 80 persen, apalagi 100 persen," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan setelah berhasil memproduksi mobil, langkah yang harus dipikirkan yakni cara menjual atau distribusinya.