Presiden resmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1

Tol Serang-Panimbang yang melintasi beberapa kabupaten di Provinsi Banten ini akan memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat.

Peresmian Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung, di Lebak, Banten, Selasa (16/11/2021) pagi. Sumber: setkab.go.id/Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, atau yang akrab disapa dengan Jokowi meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,50 kilometer, di Gerbang Tol Rangkasbitung STA 26+500, pada Selasa (16/11).

Tak sendiri, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. 

"Alhamdulillah, Tol Serang-Panimbang Seksi I Serang-Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan. Kemudian akan dilanjutkan dengan Seksi 2, yaitu Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 km, dan juga Seksi 3 Cileles-Panimbang sepanjang 33 km yang akan dituntaskan pada akhir 2023,” ucap Presiden Joko Widodo. 

Presiden menyebut bahwa Tol Serang-Panimbang yang melintasi beberapa kabupaten di Provinsi Banten ini akan memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat, baik dari sektor industri, barang, dan jasa karena tersambung dengan Tol Jakarta–Merak. Hal ini juga tentunya mendukung akses menuju kawasan pariwisata Banten dan sekitarnya, seperti KSPN Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

"Saya yakin ini menjadi pengungkit ekonomi di Provinsi Banten, terutama di sekitar jalan tol ini yaitu Kabupeten Lebak dan Kabupaten Pandeglang,” katanya.