Produksi ikan nasional naik

Pada 2017, produksi hanya sekitar 6.424.114 ton. 2018 meningkat sekitar 300.000 ton.

Pekerja menjemur ikan asin hasil tangkapan nelayan Sumur di Kampung Sumur, Sumur, Pandeglang, Banten, Jumat (8/2)./AntaraFoto

Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat kenaikan secara signifikan produksi ikan nasional selama empat tahun kepemimpinan Joko Widodo.

Hal itu disampaikan Menteri KKP Susi Pudjiastuti dalam diskusi bertajuk Langkah Berani Pulihkan Lingkungan. Susi memamerkan keberhasilan KKP pascamelakukan reform dalam bidang kelautan.

"Sekarang pendapatan nelayan semakin meningkat, neraca perdagangan kita juga meningkat, nelayan semakin mudah mendapat ikan," ujar Susi di Kantor Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).

Dalam catatan KKP, produksi perikanan tangkap mengalami peningkatan setiap tahun. Pada 2017, produksi hanya sekitar 6.424.114 ton. 2018 meningkat sekitar 300.000 ton.

Dalam sektor lain seperti produksi perikanan budidaya juga mengalami kenaikan pendapatan. Prestasi itu, lantaran didukung penuh oleh Presiden Joko Widodo untuk menjaga kedaulatan laut Indonesia. "Itu karena Pak Jokowi full support," ujar Susi.