Proyek KA semi cepat Jakarta-Surabaya capai Rp60 triliun

Selain dari Jepang, pemerintah berharap pembangunan kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya bakal libatkan swasta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah membuka kesempatan swasta untuk turut andil berinvestasi dalam proyek kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya. Alinea.id/Ardiansyah Fadli

Selain dari Jepang, pemerintah berharap pembangunan kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya bakal libatkan swasta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah membuka kesempatan swasta untuk turut andil berinvestasi dalam proyek kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya.

“Sebagian dari proyek itu apakah TOD (transit oriented development), perawatan, pengelolaan itu diharapkan dari kerja sama pemerintah swasta,” kata Budi Karya dalam sambutannya pada penandatanganan kesepakatan "Summary Record on Java North Line Upgrading Project" teknis KA semi cepat Jakarta-Surabaya di Jakarta, Selasa (24/9).

Menurutnya pemerintah berharap swasta dapat berpartisipasi dalam berinvestasi dalam megaproyek itu. Hal tersebut bertujuan agar pembiayaan pembangunan kereta semi cepat ini tidak seluruhnya bersumber dari Jepang saja.

Saat ini, pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) siap mengucurkan pinjaman untuk proyek infrastruktur KA semi cepat Jakarta-Surabaya.