Proyek tol Pasuruan-Probolinggo diharapkan segera selesai

Komisi V DPR mau tol Paspro Seksi 4A dapat dimanfaatkan para pemudik pada musim Lebaran 2023.

Pembangunan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro), terutama Seksi 4A, diharapkan segera selesai. Dokumentasi Kementerian PUPR

Komisi V DPR meminta pemerintah segera menyelesaikan pembangunan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) Seksi 4A di Jawa Timur (Jatim). Pangkalnya, dapat dimanfaatkan untuk memperlancar arus lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Kami minta untuk dipastikan bahwa tanggal 15 April ini sudah siap semuanya," kata Wakil Ketua Komisi V DPR, Roberth Rouw, melansir situs web DPR.

Menurutnya, berbagai sarana prasaran dan fasilitas tol Paspro Seksi 4A mesti disiapkan secara sungguh. Apalagi, sebanyak 125 juta penduduk diprediksi akan pulang kampung pada momentum Idulfitri 2023.

"Seperti yang kita ketahui bersama kalau ada lonjakan luar biasa dari sebelumnya karena ini adalah Lebaran pertama kali sejak pandemi dan protokol Covid yang dicabut," ucap politikus Partai NasDem itu.

Di sisi lain, Robert mengimbau para pemudik dalam kondisi prima saat hendak pulang kampung. "Apabila dirasa kesehatannya terganggu, mungkin tidak dianjurkan untuk melakukan mudik Lebaran terlebih dahulu."