PT SMI catat laba bersih Rp754 miliar hingga Mei 2021

PT SMI juga mencatatkan total komitmen sebesar Rp111,6 triliun dan outstanding senilai Rp70,2 triliun pada periode yang sama.

Ilustrasi proyek PT SMI. Dokumentasi PT SMI.

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI mencatat pendapatan usaha Rp2,13 triliun, dengan laba bersih Rp754 miliar hingga Mei 2021. 

Di periode yang sama, PT SMI juga mencatatkan total komitmen sebesar Rp111,6 triliun dan outstanding senilai Rp70,2 triliun, dengan nilai proyek yang telah dibiayai mencapai Rp704,35 triliun. 

"Ke depan kami masih menghadapi tantangan. Kita harus tetap waspada karena sebagai perusahaan pembiayaan, kualitas aset itu hal yang paling penting," kata Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad, Selasa (29/6). 

Edwin melanjutkan, sebagai perusahaan pembiayaan, perluasan mandat dan dukungan dari PT SMI ke program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akan menjadi prioritas. 

Sebagaimana diketahui, pada 2020, PT SMI mendapatkan perluasan mandat dari Kementerian Keuangan untuk menyalurkan dana PEN kepada pemerintah daerah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berupa pinjaman PEN Daerah senilai Rp20 triliun. Rinciannya, dana Rp10 triliun berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Rp10 triliun dari PT SMI.